Our Destiny Blog Tour + Giveaway

Judul : Our Destiny
Pengarang : Aya Nh

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2016
Dibaca : 17 Juli 2016
Rating : ★★★


Melihat buku ini nangkring di rak terbaru beberapa toko buku online membikin ingin membacanya. Ditambah penasaran dengan sinopsis pada sampul belakang buku yang sepertinya kompleks. Selagi aku sedang ingin membaca buku ringan termasuk teenlit, aku berinisiatif menghubungi penulis via akun Goodreads-nya—yang untungnya aktif—untuk menawarkan diri untuk mengulas sekaligus membuat blog tour buku debutnya. Dan penulis menyambut baik tawaran tersebut.

***


Afra tidak begitu betah berada di rumah. Neneknya selalu bertingkah seolah tak menginginkan kehadirannya. Ralat: neneknya memang tak menginginkan kehadirannya, bahkan tak menginginkan dirinya hidup dan selalu berkata Afra anak sial. Walaupun anggota keluarga yang lain selalu membesarkan hatinya, Afra merasa sakit hati.

Belum lagi kisah romansa remajanya yang carut-marut. Kehadiran Ihsan di sela-sela hubungannya bersama Radit membuka lagi luka lama yang selama ini ditutupnya. Ihsan, cowok yang memutuskannya dua minggu setelah ulang tahunnya, kembali. Ihsan merasa menyesal melakukan hal itu. Lalu Radit tiba-tiba memutuskan Afra tanpa sebab. Afra seperti jatuh tertimpa tangga. Namun ia harus bangkit, ia harus bisa melangkah maju. Dan yang paling utama, ia harus bisa meluluhkan hati sang nenek.

***


Kisah remaja yang saking sederhananya membuatku merasa ingin kembali ke masa itu. Ketika segalanya hanya tentang cinta monyet dan percekcokan di antaranya. Namun mungkin pada saat itu cekcok adalah hal yang rumit. Dan pola penyelesaian masalahnya itulah yang membuat ‘teenlit’ bisa dijadikan alternatif bacaan ringan. Remaja yang tidak banyak tahu tapi sok tahu. Remaja yang terlalu gengsi untuk meminta bantuan atas permasalahannya. Hal-hal semacam itu.

Afra memang punya dua masalah saat itu: (1) kisah cintanya bersama Radit yang tidak mulus dan (2) neneknya yang menjadi batu sandungan dalam setiap langkahnya. Keduanya menjadi konflik yang menarik, walaupun kadar masalah nomor satu lebih dikemukakan daripada masalah nomor dua. Dan penyelesaian masalah nomor dua pun bisa dibilang mudah. Jadi, tidak perlu memutar otak ketika membacanya.

Aku suka alur waktunya yang maju-mundur tapi tetap pas dan tidak membingungkan. Seperti pada satu bab kau bertemu seseorang dan ada orang lain yang memata-matai pertemuan kalian. Lalu kisah si mata-mata itu diceritakan pada bab selanjutnya dan menjadi penghubung bab sebelumnya lagi. Walaupun lagi-lagi kuingatkan, tidak memerlukan daya dan upaya lebih untuk menyelesaikan buku ini.

Buku ini cocok untuk anak SMP hingga SMA yang sedang penat menjalani hari-hari di sekolah dan berkutat hanya dengan belajar dan tugas-tugasnya. Kisahnya yang ringan tidak membuat mereka buru-buru menutup buku tanpa menyelesaikannya. Dan dengan jumlah halaman yang tidak sampai 200, aku yakin mereka tidak akan dibuat bosan. Ditambah lagi kisah Afra-Radit-Ihsan adalah tipikal yang akan disukai remaja. Namun tidak dipungkiri juga untuk dibaca segala usia. Buku ini mengingatkan kita kembali tentang arti melepaskan dan menerima takdir yang terjadi di antaranya. Debut yang bagus, Aya! 

***


Giveaway!

Kamu berada pada pemberhentian perdana Blog Tour “Our Destiny” karya Aya Nh! Satu buku “Our Destiny” terbitan Gramedia Pustaka Utama persembahan penulis ini bisa kamu dapatkan pada giveaway Bibli kali ini. Caranya?


  1. Ikuti “Ough, My Books!” via Google Friend Connect (GFC). Ikuti akun Twitter @raafian dan Twitter penulis @AstiNH27.
  2. Bagikan tautan giveaway ini via akun media sosialmu dengan mention akun di atas.
  3. Menurut kamu, apakah takdir bisa diubah? Berikan pendapatmu pada kolom komentar dengan menyertakan Akun Twitter, kota domisili, dan tautan share tweet kamu ya!
  4. Giveaway ini berakhir pada 31 Juli 2016. Pengumuman pemenang paling lambat 3 hari setelahnya.


Mau jadi jajaran pertama yang membaca “Our Destiny”? Semoga beruntung!

***


Update!

Untuk kategori debut, jumlah peminat “Our Destiny” bisa dikatakan lumayan. Terdapat lebih dari 10 partisipan yang memperebutkan satu kopinya di blog Bibli! Terima kasih buat teman-teman yang sudah memberikan pendapat tentang bisa diubah atau tidaknya takdir. Tapi sayangnya, aku harus memilih satu nama sebagai pemenang giveaway “Our Destiny” di blog Bibli. Aku akan memilihnya acak. Jadi, selamat kepada:

Yohana Siallagan (@MrsSiallagan)

Silakan kirimkan data diri (nama, alamat lengkap, kode pos, dan nomor telepon) via oughmybooks (at) gmail (dot) com. Terima kasih kepada partisipan dan penerbit. Sampai jumpa pada blog tour dan giveaway Bibli selanjutnya!

17 Comments

  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar
  • Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published.